Loading...

Dahsyatnya Sedekah

Kita semua mengenal Bill Gates, pendiri Microsoft sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yang hasilnya kita nikmati semua. Tahukah Anda, bahwa pria bernama lengkap William Henry Gates III menurut Majalah Forbes, edisi Maret 2015, kekayaan bersihnya naik menjadi 79,2 milyar dolar tahun.

Sampai hari ini, ia telah merajai daftar orang terkaya di dunia selama 16 kali berturut-turt dalam 21 tahun terakhir.

Yang cukup aneh, melalui Bill & Melinda Gates Foundation ia rajin menyumbangkan uangnya untuk kegiatan sosial dan pendidikan. Pengusaha kaya-raya ini telah menyumbangkan uang untuk kegiatan sosial sebanyak US$ 28 miliar (sekitar Rp 266 triliun) sejak lima tahun terakhir. Meski begitu, Bill Gates, justru tak menjadi miskin.

Bersedekah secara kasat mata terkesan mengurangi aset atau harta. Tapi, hakikatnya tidak. Buktinya ya Bill Gates itu. Tiap tahun ia sumbangkan hartanya untuk sosial dan pendidikan. Harusnya jika berfikir normal, ia telah membuang uang dengan sia-siapa.

Namun buktinya, semakin banyak menyumbang, setiap tahun dalam kurun waktu 20 tahun, ia terus meraih peringkat orang terkaya di dunia.

Padahal ia hanya menyumbang, bukan bersedekah. Bedanya menyumbang belum tentu melibatkan Allah Subhanahu Wata’ala sementara bersedekah pasti melibatkan Allah Subhanahu Wata’ala. Sebab yang memiliki konsep sedekah hanya agama Islam. Dalam Islam, bersedekah adalah menyumbang di jalan Allah dan dengannya Allah menurunkan rahmat dan pahala. Harta sedekah pula seseorang akan selamat dari siksa kubur, diangkat derajatnya di akherat, dan dijauhi api neraka.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Adalah Sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam Abdurrahman bin Auf yang dikenal banyak mengeluarkan sedekah dan mengeluarkan harta di Jalan Allah. Faktanya, semakin banyak beliau bersedekah, hartanya tak pernah turun dan bangkrut. Bahkan selalu untung dalam berbisnis.

Dalam Al-Qur’an, satu sedekah atau infaq Allah janjikan balasan hingga 700 kali lipat (QS. Al-Baqarah [2]: 261). Tentu semua mensyaratkan keikhlasan dan kebeningan hati dan keseuaian dengan tuntunan Nabi.

Manfaat Langsung

Dalam beberapa ayat, Allah menjelaskan dengan sangat gamblang bahwa sedekah adalah manivestasi dari ketakwaan.

Sebagaimana seluruh amalan syariat Islam, sedekah juga amalan yang memiliki manfaat langsung.

Pertama, sedekah itu mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita, menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.

Kedua, sedekah itu menolak bala’. “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi (mendahului) sedekah” (Misykat).

Ketiga, sedekah itu mengundang doa dari para malaikat. “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil” (HR. Bukhari Muslim).

Keempat, sedekah itu tidak menyebabkan atau pun menimbulkan kerugian dunia akhirat. “Dan apakah (kerugian) yang akan menimpa mereka jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat, serta mereka mendermakan (sedekah) sebagian dari harta yang telah dikurniakan Allah kepada mereka?” (QS. An-Nisa [4] :39).

Kelima, sedekah itu menjauhkan diri dari api neraka. “Takutlah engkau kepada neraka, sekalipun dengan jalan bersedekah dengan potongan kurma, maka barangsiapa tidak dapat menemukan itu maka hendaklah besedekah dengan mengucapkan perkataan yang baik.” [HR. Muttafaq ‘alaih]

Yuk memperbanyak sedekah dan jangan merasa takut rugi atau terkurangi.

(bmh.or.id)

BMH Sidoarjo

Rekening infaq an Baitul Maal Hidayatullah:
BNI: 0-171-089-937
BCA Syariah: 0-160-030-000
Mandiri Syariah: 7-042-955-293
Kajian 2294517189786886800
Beranda item

Kontak




Alamat:
Jl. Raya Lingkar Timur, Ruko La Jolla D/38 Kemiri, Sidoarjo.
Telp. (031) 8954 388, (031) 7057 3160
Fax. (031) 8929 106
SMS Center: 0878 5351 8078

BMH Terkini

Blog Archive